Jumat, 31 Mei 2019

Mengenal Sel Prokariotik


Pengertian Sel Prokariot


Setiap organisme tersusun dari satu atau lebih tipe dasar sel prokariotik atau eukariotik. Sel  prokariotik (pro = sebelum) yaitu sel yang tidak mempunyai membran nukleus. Dengan demikian substansi nukleusnya bercampur atau mengadakan hubungan langsung dengan sitoplasma. Daerah nukleus yang mengandung material genetik dinamai nukleoid. Sel prokariotik  juga tidak mempunyai organela yang dibatasi membran di dalam sitoplasma selnya. Contoh sel prokariotik : Mycoplasma, bakteri, dan ganggang biru.


Ciri-Ciri Sel Prokariotik
  1. Jasanya relatif kecil dan sederhana
  2. Mempunyai ciri-ciri eksternal.
  3. Batasnya adalah membran plasma.
  4. Dapat memiliki bungkus yang disebut mesosom.
  5. Dinding yang kaku yang tersusun dari senyawa yang unik, yang ditemukan hanya pada dinding prokariotik yang disebut peptidoglikan (dan tidak ada pada Archaebacteria).
  6. Dapat mensekresi sarung pelindung atau kapsul untuk perlindungan.
  7. Dapat memiliki struktur motil yang disebut flagella, tetapi mereka berbeda dari flagella yang terdapat pada : ukariotik, atau proyeksi yang sangat kecil yang disebut fili, yang membantu pengikatan bakteri pada permukaan.
  8. Molekul DNA tunggal (sirkuler), terkonsentrasi pada suatu daerah di sitoplasma yang disebut nukleoid. 
  9. DNA tidak dikelilingi oleh protein. Bakteri mungkin memiliki lebih dari satu kopi dari molekul DNA
  10. Bisa mempunyai plasmid, yaitu fragmen DNA independen yang membawa potongan khusus dari informasi genetik. Plasmid dapat ditransmisikan dari satu bakteri ke yang lainnya atau dari lingkungan ke bakteri. Plasmid penting dalam penelitian DNA rekombinan.
  11. Ribosom, tersusun dari RNA dan protein, densitasnya 70S
  12. Tidak mempunyai struktur internal yang dikelilingi membran (organela)

Jenis - Jeni Sel Prokariotik 
  1. Siankobakteri/alga hijau biru merupakan prokariot fotosintetik, dapat sebagai indi&idu,koloni, dan dapat seperti rantai panjang. Sianobakteri tidak mempunyai flagella, tetapi meluncur karena pada permukaan sel terdapat sekresi seperti gelatin. Alat fotosintetiknyaadalah lamella yang dinamakan tilakoid, tilakoid ini dibatasi oleh butir-butir pigmenseperti pada fikobilisom. Sianobakteri juga mengandung berbagai macam membran yangmengelilingi termasuk seperti gas &akuola yng memberi daya apung pada sianobakteriyang hidup di dalam air dan karboksisom yang mengandung enzim yang terlibat dalam fiksasi.
  2. Mikroplasma dapat menyebabkan penyakit pada hewan dan manusia, merupakan sel yang paling kecil dan paling sederhana yang mampu tumbuh secara otonom. Suatu mikroplasma permukannya dibatasi oleh membran yang dibatasi oleh membran yang terdiri dari protein danlipid, tetapi tidak mempunyai dinding sel. Komponen dalam sel tersebar. Satu-satunyakeistimewaan yang dapat dilihat dengan mikroskop adalah komponen genetik yang terdiri atas pita heliks-rangkap dari DNA sirkuler dan sejumlah ribosom. Mikroplasma nampak mempunyaiorganisasi struktural minimum yang diperlukan untuk dapat hidup, sel hidup bebas dan memiliki bentuk intermediet setara &irus dan bakteri.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bahan Ajar/Modul Tentang Sel Hewan

Dalam era digital ini, para guru dituntut agar kreatif dalam memilih buku ataupun modul sebagai bahan ajar saat di kelas. Guru juga dituntut...