Jumat, 31 Mei 2019

Mengenal Sel Eukariot Lebih Dekat

Sel Eukariot

Merupakan tipe sel yang memiliki sistem endomembran. Pada sel eukariotik, inti tampak jelas karena dibatasi oleh sistem membran. Pada sel ini, sitoplasma memiliki berbagai jenis organel seperti antara lain: badan Golgi, retikulum endoplasma (RE), kloroplas (kuhusus pada tumbuhan), mitokondria, badan mikro, dan lisosom. 

Sel eukariotik merupakan sel yang memiliki sistem endomembran. Sel tipe ini secara struktural memiliki sejumlah organel pada sitoplasmanya. Organel tersebut memiliki fungsi yang sangat khas yang berkaitan satu dengan yang lainnya dan berperan penting untuk menyokong fungsi sel. Organisme yang memiliki tipe sel ini antara lain hewan, tumbuhan, dan jamur baik multiseluler maupun yang uniseluler.

Sel eukariotik pada tumbuhan sedikit berbeda dengan pada hewan. Pada sel hewan, pada bagian luar sel tidak ditemukan adanya dinding sel, sebaliknya pada tumbuhan dan jamur ditemukan adanya dinding sel. Walaupun demikian dinding sel tumbuhan dan sel jamur secara kimiawi berbeda penyusunnya. Pada jamur didominasi oleh chitin sedangkan pada tumbuhan selulosa. Pada tumbuhan ditemukan adanya organel kloroplas sedangkan pada jamur dan hewan tidak ditemukan. Selain perbedaan tersebut pada dasarnya baik sel hewan, tumbuhan, dan jamur memiliki struktur yang serupa.


Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan dan sel hewan memiliki perbedaan, baik bentuk, ukuran, maupun organel-organel yang menyusunnnya. Perhatikanlah tabel berikut untuk mengetahui perbedaan-perbedaannya.
 
Tabel Perbandingan antara sel tumbuhan dan sel hewan

No
Faktor Pembeda
Sel Tumbuhan
Sel Hewan
1
Bentuknya
Tetap
Tidak tetap
2
Lisosom
Tidak ada
Ada
3
Dinding sel
Ada, dari selulosa
Tidak ada
4
Mikrofilamen
Tidak ada
Ada
5
Sentriol
Tidak ada
Ada
6
Plastida (kloroplas dan kromoplas)
Ada
Tidak ada
7
Plasmodesmata
Ada
Tidak ada
8
Vakuola tengah dan tonoplas
Ada (besar)
Tidak ada
9
Vesikula sekretori
Tidak ada
Ada
10
Cadangan makanan
Butiran amilum
Butiran lemak

Berikut gambaran mengenai penjelasan tabel di atas :

Gambar Perbedaan struktur sel tumbuhan dan sel hewan


.
.

Sekian penjelasan singkat mengenai pengenalan lebih dekat tentang sel eukriotik dan contohnya - Semoga Bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bahan Ajar/Modul Tentang Sel Hewan

Dalam era digital ini, para guru dituntut agar kreatif dalam memilih buku ataupun modul sebagai bahan ajar saat di kelas. Guru juga dituntut...