Jumat, 31 Mei 2019

Mengenal Sel Hewan

Definisi
Sel merupakan satuan unit terkecil yang menjadi penyusun tubuh makhluk hidup, termasuk hewan. Maka dari pada itu mempelajari sel merupakan basic ilmu dari mempelajari suatu organisme. Sel yang menyusun tubuh hewan disebut sel hewan, sebagai contoh sel darah merah yang ada dalam tubuh hewan.

Gambar jaringan pada simpanse yang tersusun oleh sel


Dan artikel kali ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu mengenai "Mengenal Sel Eukariot Lebih Dekat"

Sel hewan dan tumbuhan mempunyai struktur penyusun yang secara keseluruhan ada perbedaan walaupun banyak juga persamaan, dimana setiap komponen/elemen ada pada sel hewan namun tidak ada pada sel tumbuhan dan sebaliknya. Tetapi perbedaan struktur sel tersebut kembali lagi kepada fungsinya yang berbeda pula yang dibutuhkan sel hewan maupun sel tumbuhan.

Itulah sedikit gambaran antara sel hewan dan sel tumbuhan, namun  pada kesempatan kali ini fakus kita pada sel hewa saja. Mengingat judul dari blog ini Sel Hewan, namun tidak mustahil juga jika suatu saat pembahasan didalam blog ini mengenai tumbuhan atau manusia. Kenapa? Karena manusia, hewan dan tumbuhan selalu saling berhubungan yang mustahil untuk dipisahkan.

Struktur sel hewan, secara umum tersusun atas protoplasma. Protoplasma adalah komponen hidup dalam sel yang berupa cairan koloid yang merupakan campuran bahan-bahan organik seperti karbohidrat, protein, lemak dan juga bahan organik lainnya serta organel-organel sel tetapi biasanya tidak termasuk vakuola yang besar. Protoplasma terdiri atas 3 bagian utama yaitu membran sel, sitoplasma dan inti sel (nukleus).

.
.

Sekian penjelasan singka mengenai pengenalan sel hewan - Semoga Bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bahan Ajar/Modul Tentang Sel Hewan

Dalam era digital ini, para guru dituntut agar kreatif dalam memilih buku ataupun modul sebagai bahan ajar saat di kelas. Guru juga dituntut...