Sabtu, 01 Juni 2019

Organel Sel Hewan dan Cirinya

Sebelum membaca penjelasan di bawah
Mari amati gambar organel sel hewan di bawah ini :)




Nama organel sel hewan dan cirinya :

Membran Sel
Membran sel yaitu bagian paling luar dari sel yang membungkus sel yang tersusun atas protein (lipoprotein) dan lenak (lipid). Membran sel mengatur masuknya mineral dan nutrisi ke dalam dan keluar sel.

Sitoplasma
Sitoplasma ialah cairan sel atau zat seperti gel. Bagian cair di dalam sel ini mempunyai 2 bentuk yaitu Fase Sol (padat) dan Fase Gel (cair). Khusus untuk cairan yang terletak di nukleus disebut Nukleoplasma.

Retikulum Endoplasma
Retikulum Endoplasma atau biasa disingkat dengan RE merupakan organel sel terbesar setelah mitokondria. Dimana RE membentuk rangkaian interkoneksi rata terowongan, mempunyai bentuk seperti benang-benang jala. Terdapat 2 macam RE yaitu RE Kasar dan RE Halus. Retikulum Endoplasma kasar memiliki tanggung jawab memegang protein yang terbentuk di robosom. Retikulum endoplasma kasar ditempeli oleh ribosom sedangkan Retikulum endoplasma halus tidak ditempeli ribosom.


Mikrofilamen Mikrofilamen merupakan sel yang terbentuk dari protein aktin dan miosin. Mikrofilamen mempunyai bentuk mirip dengan mikrotubulus tetapi mikrofilamen mempunyai diameter lebih kecil dan lebih lembut.


PeroksisomPeroksisom merupakan kentong kecil yang berisi enzim katalase yang berfungsi menguraikan peroksida (H2O2) yang merupakan sisa dari metabolisme yang bersifat toksik menjadi air dan oksigen yang berbahaya bagi sel. Peroksisom banyak ditemui di ginjal dan sel hati.

Ribosom
Ribosom merupakan organel yang padat serta kecil dengan ukuran diameter 20nm yang terdiri dari 65% RNA ribosom (rNA) dan 35% protein ribosom (RNP). Terdiri dari dua sub unit yaitu sub unit besar dan sub unit kecil.
Mikrotubulus
Mikrotubulus merupakan organel sel yang terletak di dalam sitoplasma yang ditemui di sel eukariot dan memiliki bentuk silindris panjang berangga dengan diameter 12 nm dan diameter luar 25 nm. Terdiri dari molekul yang berbentuk bulat protein globurat yang disebut 
tubulinPada kondisi tertentu tubulin akan spontan membentuk silindris panjang berongga. Mikrotubulus mempunyai sifat kaku.
Badan Golgi/Aparatus Golgi
Badan golgi atau kompleks golgi atau aparatus golgi
 merupakan organel yang bisa ditemui di semua sel eukariotik dan terdapat di fungsi ekskresi seperti ginjal. Mempunyai bentuk layaknya kantung pipih yang berukuran kecil hingga besar dan terikat oleh membran. 
Setiap sel hewan umumnya mempunyai 10 – 20 aparatus golgi. Dan jika Anda ingin tahu, nama organel sel ini diambil dari orang pertama yang menggambarkan organel ini dalam sel yaitu Camillo Golgi asal Italia.
Nukleus
Nukleus merupakan inti dari sel yang mengendalikan juga mengatur aktivitas sel baik dari metabolisme sampai pembelahan sel. Nukleus ditwmui pada sel eukariotik dan mengandung materi genetik yaitu 
DNA (Asam Deoksiribonukleat) dan kromosom. DNA terdiri dari nukleotida yang membantu dalam pembentukan protein pada proses translasi dan transkripsi.
.
.
Sekian penjelasan singkat mengenai organel sel hewan - Semoga Bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bahan Ajar/Modul Tentang Sel Hewan

Dalam era digital ini, para guru dituntut agar kreatif dalam memilih buku ataupun modul sebagai bahan ajar saat di kelas. Guru juga dituntut...